Demi Bela Ahok, Ishomuddin Nyatakan Siap Menanggung Risiko

SHARE:

Harianpublik.com, Jakarta - Wakil Ketua Komisi Fatwa MUI Ahmad Ishomuddin mengaku siap menanggung risiko dijatuhi sanksi karena beda pandang...

Harianpublik.com, Jakarta - Wakil Ketua Komisi Fatwa MUI Ahmad Ishomuddin mengaku siap menanggung risiko dijatuhi sanksi karena beda pandangan dengan MUI dalam kasus Ahok. Ishomuddin menegaskan hanya memberikan pendapat sesuai dengan pandangan dalam sidang Ahok.

"Hidup ini pilihan, hidup ini harus berani mengambil keputusan. Orang yang berani mengambil keputusan harus berani menanggung risikonya. Kalau umpamanya MUI dewan pimpinannya memutuskan saya diberhentikan, ya tentu saya terima karena jabatan itu bukan segalanya bagi saya," ujar Ishomuddin saat dihubungi Jumat (24/3/2017).

Ishomuddin menegaskan kritiknya terhadap sejumlah poin dalam sikap keagamaan MUI terkait Ahok merupakan bentuk kebebasan menyampaikan pendapat. Dia berharap beda pandangan dalam melihat kasus Ahok tak perlu dipertentangkan.


"Saya kira, ketika MUI mengajukan ahlinya sebagai saksi fakta maupun saksi ahli, tentu saya sebagai pribadi memiliki hak untuk menyampaikan hal yang berbeda ketika saya melihat ada titik-titik yang saya kira terlewatkan oleh MUI," imbuhnya.

Kesediaan Ishomuddin menjadi ahli dalam sidang Ahok pada Selasa (21/3) ditegaskan bukan sebagai bentuk pertentangan terhadap dewan pimpinan MUI. Ismomuddin mengaku hanya ingin ikut membantu memberikan pandangan terkait kasus Ahok untuk menjadi panduan bagi majelis hakim, sama seperti ahli-ahli lainnya yang dihadirkan pihak jaksa penuntut umum.

"Karena yang lebih saya cintai adalah menegakkan keadilan. Yang saya maksud menegakkan keadilan, saya bersedia menjadi saksi ahli dari Pak Basuki Tjahaja Purnama supaya menjadi jelas di hadapan hakim bagaimana persoalan sesungguhnya. Sehingga hakim tidak membebaskan orang yang salah dan tidak menghukum orang yang benar. Itu keadilan yang ingin saya sampaikan," imbuh Ishomuddin.

Dengan alasan itu, Ishomuddin menilai tak tepat mempertentangkan kehadiran para ahli dalam persidangan Ahok. Sebab, semua pihak memiliki hak yang sama ketika diminta memberikan pendapat atas keahliannya.

"Rasanya tidak adil saya hadir dilarang, sementara mereka hadir untuk mengatakan Pak Ahok bersalah tidak dilarang. Jangan saling menghalangi karena perselisihan ini sudah terjadi di tengah masyarakat. Perselisihan mengenai apakah Pak Ahok bersalah atau tidak sudah menimbulkan perselisihan, karena itu jalan terbaik melalui peradilan," terang Ishomuddin.

Terkait keterangan Ishomuddin dalam sidang, dewan pimpinan MUI akan menggelar rapat khusus menyikapi perbedaan pandangan Ishomuddin. Ishomuddin dinilai menentang putusan yang dibuat secara kolektif di MUI.

"MUI punya sikap dan pandangan keagamaan tentang kasus Ahok. Kemudian ada anggota MUI, Wakil Ketua Komisi Fatwa, yang sikap dan pandangan keagamaannya berbeda dan perbedaannya sudah disampaikan di peradilan dan di media-media," ujar Sekjen MUI Anwar Abbas saat dihubungi terpisah.

Dalam sidang Ahok pada Selasa (21/3), Ishomuddin sebagai ahli yang dihadirkan pihak Ahok bicara soal sikap keagamaan MUI saat ditanya majelis hakim. Ishomuddin menyoroti poin yang menyangkut pandangan MUI yang menyebut Ahok melakukan penistaan agama tanpa ada proses klarifikasi.

"Ada poin-poin yang saya setuju, seperti kedamaian antar-umat beragama harus tetap dijaga. Tapi dalam putusan-putusan yang tidak tabayun, saya tidak sepakat," tuturnya.

"Yang saya ketahui bahwa sikap keagamaan MUI itu menjadi pemicu persoalan ini menjadi besar, karena kesimpulannya antara lain menjadi dasar diajukan ke Bareskrim, karena kesimpulannya menyatakan Pak Basuki menghina Al-Quran dan ulama," kata Ishomuddin di persidangan. (detik)



Sumber : Harian Publik - Demi Bela Ahok, Ishomuddin Nyatakan Siap Menanggung Risiko
Nama

Kesehatan,1,
ltr
item
Harian Publik: Demi Bela Ahok, Ishomuddin Nyatakan Siap Menanggung Risiko
Demi Bela Ahok, Ishomuddin Nyatakan Siap Menanggung Risiko
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjtimc5trXDGqXT_KK3UZ7LGHPL9Ucelm3y1wIO5FuGLVtVEHJMslQ5EPHuJau2eXxRNp0OnB0DMra58tWZ4_vWfN_uT2lnKZo9-2IbdGoxbnyQtKlfwrJKKX991K3Sb5TcnDhLbRADMCPP/s320/86bbe4e1-ab8f-4d06-b855-a039ac822770_169.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjtimc5trXDGqXT_KK3UZ7LGHPL9Ucelm3y1wIO5FuGLVtVEHJMslQ5EPHuJau2eXxRNp0OnB0DMra58tWZ4_vWfN_uT2lnKZo9-2IbdGoxbnyQtKlfwrJKKX991K3Sb5TcnDhLbRADMCPP/s72-c/86bbe4e1-ab8f-4d06-b855-a039ac822770_169.jpg
Harian Publik
https://caraserbahemat.blogspot.com/2017/03/demi-bela-ahok-ishomuddin-nyatakan-siap.html
https://caraserbahemat.blogspot.com/
https://caraserbahemat.blogspot.com/
https://caraserbahemat.blogspot.com/2017/03/demi-bela-ahok-ishomuddin-nyatakan-siap.html
true
558718208639032459
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy